Antusias, Siswa MAN 1 Model Mengikuti Perekaman E-KTP

Featured Kota Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dalam rangka memaksimalkan akurasi data kependudukan nasional, serta mengoptimalkan pemanfatan peralatan perekaman sidik jari, iris mata, dan pas foto, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu mendatangi MAN 1 Model Bengkulu untuk melakukan perekaman e-KTP pada siswa mulai umur 16 hingga 17 tahun.

Perekaman e-KTP yang sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri nomor 471-13/6945/Dukcapil yang menyebutkan, perekaman sidik jari, iris mata dan pas foto bagi penduduk wajib KTP yang berumur 17 tahun ke atas, atau telah menikah atau pernah menikah maka perekaman dikembangkan bagi penduduk yang berumur di bawah 17 tahun secara bertahap.

Setiap siswa diwajibkan membawa Kartu Keluarga (KK) atau fotocopy KTP orang tua (apabila KK masih dalam proses). Setiap anak hanya diwajibkan membawa kartu keluarga (KK) milik orangtuanya. Syarat KK ini, selain untuk kepentingan rekam e-KTP, sekaligus jadi acuan untuk melakukan validasi data kependudukan. Karena tidak sedikit ada yang nama ijazah maupun akta kelahiran tidak sesuai dengan nama yang tertera di KK. No KK, juga diperlukan dalam pendataan EMIS (Education Management Information System) yang sudah diselesaikan pihak MAN 1 Model Bengkulu yang lalu.

Upaya jemput bola yang dilakukan Dukcapil Kota Bengkulu, disambut baik oleh Kepala MAN 1 Model Bengkulu, Faisal Abdul Aziz, M.Ag. Ia mengatakan, pihak sekolah sangat terbantu dengan kegiatan ini. Jangan tunggu sampai sudah butuh baru diurus, baru mau dibuat. Karena kalau terburu-buru bisa saja terjadi berbagai macam gangguan. “Salah satunya mungkin stok blanko habis atau terjadi gangguan pada server, sehingga membutuhkan proses lebih lama. Sedangkan kita harus segera menggunakannya,” kata Faisal kepada radarbengkuluonline.com, Kamis (14/10).

Sementara itu, salah satu siswa MAN 1 Model yang sudah merekam E-KTPnya, sangat senang. Karena, tidak usah lagi ke kantor Dukcapil, tapi sudah dilayani di sekolah dengan sangat maksimal. “Alhamdulillah, kami benar-benar terbantu dengan adanya kegiatan ini (perekaman e-KTP). Karena, lebih cepat dan praktis. Semoga Kartu Penduduk kami segera ada setelah perekaman ini. Karena, banyak manfaat yang kami gunakan nantinya setelah lulus. Seperti melamar pekerjaan atau lainnya,” ujar salah satu siswa yang tidak ingin disebutkan namanya. (ach)

BERBAGI: