Berkas Program Replanting Selagan Raya Masih Ruwet

Featured Mukomuko

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemberkasan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di wilayah Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko dinilai masih ruwet. Sebab, hingga saat ini tahapan pemberkasan kegiatan replanting tersebut belum juga diselesaikan oleh panitia. Sementara lahan yang diusulkan masyarakat untuk mendapatkan program replanting tahun ini sudah selesai disurvei. Namun, sampai saat ini belum bisa diperkirakan kapan anggaran kegiatan replanting tersebut turun.

Tim penilai kegiatan replanting wilayah Kecamatan Selagan Raya, Agus Giono, saat dikonfirmasi mengatakan, sebelumnya berkas sudah dinaikkan oleh panitia, namun sekarang berkas tersebut kembali turun ke panitia karena masih ada yang kurang. Kalau proses pemberkasan selesai, maka kegiatan replanting ini langsung bisa dilaksanakan. “Ya, kalau berkas sudah oke, kegiatan replanting langsung direalisasikan. Yang menjadi kendala sekarang ini berkas program replanting itu masih naik turun,” kata Agus Giono kepada wartawan radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskan Agus Giono, khusus untuk wilayah Kecamatan Selagan Raya lahan yang diusulkan masuk program replanting tahun ini lebih kurang sekitar 150 an hektar. Namun, setelah lahan disurvei luas lahan berkurang. Karena ada lahan yang semak belukar dan lain sebagainya.

“Luas lahan 150 an hektar itu usulan pertama. Tetapi setelah disurvei dan diseleksi luas lahannya berkurang terus. Sampai saat ini lahan yang bisa mendapatkan program replanting tinggal sekitar 80 an hektar. Itupun belum bisa dipastikan dan masih bisa kurang dari 80 an hektar.”

Masyarakat Kecamatan Selagan Raya yang sudah mengusulkan berkas untuk mendapatkan program replanting tahun ini diminta untuk bersabar. Karena tahapan kegiatan replanting ini tinggal menunggu kelengkapan berkas dari penitia. Kalau berkas sudah siap, mudah-mudahan kegiatan program replanting langsung bisa dilaksanakan. “Yang lain sudah tidak ada kendala, kecuali pemberkasan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini semua pemberkasan bisa diselesaikan.” (ide)

BERBAGI: