DPK Berhasil, Perpustakaan Kerano Kuncoro Juara 3 Nasional

Featured Kota Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu berhasil mengantarkan Perpustakaan Kerano Kuncoro, Bengkulu Tengah meraih juara tiga lomba perpustakaan desa tingkat Nasional. Prestasi membanggakan ini, tidak lepas dari pihak DPK Provinsi yang terus mensupport, setiap berbagai event perlombaan tingkat Nasional untuk mengharumkan nama Provinsi Bengkulu.

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd sangat mengapresiasi atas keberhasilan Perpustakaan Kerano Kuncoro ini meraih juara tiga tingkat Nasional. Pihaknya juga bersyukur kepada Allah SWT atas kemenangan itu. Menurutnya, luar biasa. “Selamat kami ucapkan kepada Perpustakaan Kerano Kuncoro. Prestasi membanggakan ini dapat memberikan motivasi kepada desa kelolaan yang lain untuk meningkatkan kompetensi sebagai pusat berbagai kegiatan di desa. Selamat dan sukses selalu,” ujar Meri Sasdi kepada radarbengkuluonline.com , Senin (13/9).

Sementara itu, Kepala Desa Sri Kuncoro, Romadhan, juga mengucapkan rasa syukurnya, Perpustakaan Kerano Kuncoro berhasil meraih juara tiga. Walaupun target awal juara satu, namun prestasi membanggakan ini, ikut mengharumkan nama Provinsi Bengkulu, dan Bengkulu Tengah khususnya Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa. “Alhamdulillah, dengan menyabet juara tiga ini, kita akan memberikan efek yang luar biasa. Yaitu bisa memberi motivasi bagi perpustakaan desa lainnya,” kata Romadhan saat dihubungi radarbengkuluonline.com via WA tadi siang.

Dijelaskannya, prestasi yang baru saja diraih ini, merupakan prestasi yang beberapa kali diraih oleh Perpustakaan Kerano Kuncoro. Sebelumnya, perpustakaan terbaik se-Kabupaten Benteng dan provinsi Bengkulu, serta menjadi satu-satunya perpustakaan desa yang telah meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional. “Untuk Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Kerano Kuncoro merupakan satu-satunya yang Perpustakaan Desa yang sudah terakreditasi A.”

Selain itu, sejumlah fasilitas yang dimiliki Perpustakaan Kerano Kuncoro yaitu kipas, TV, komputer, rak buku yang tersusun rapi. Perpustakaan ini, juga dilengkapi koleksi kurang lebih 5 ribu judul buku. Dimulai dari buku tentang pendidikan, pertanian, kuliner serta buku tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). “Perpustakaan dibuka setiap hari. Selain menjadi tempat membaca, Perpustakaan seringkali dijadikan sebagai lokasi kegiatan pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat. Kita juga menganggarkan dana puluhan juta dari Dana Desa untuk mensupport Perpustakaan Desa tahun ini,” terangnya.

Sebelumnya, Perpustakaan Kerano mengikuti lomba Perpustakaan Desa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI. Lomba digelar, Rabu (8/9) siang secara virtual. Begitu juga dengan Giovano yang mengikuti secara virtual di Aula Lantai 3 Gedung Perpustakaan Provinsi Bengkulu. (ach)

BERBAGI: