Anggaran Dipangkas, Pemprov Bengkulu Agar Fokus Program Prioritas

Featured Politik

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu diingatkan untuk tetap fokus dalam merealisasikan atau menjalankan program yang termasuk skala prioritas. Walaupun diketahui bersama jika sejumlah anggaran dilakukan pemangkasan. Ini disampaikan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Bengkulu, Herwin Suberhani, SH kepada radarbengkuluonline.com  tadi siang (2/9).

“Kita dari Fraksi Gerindra pada prinsipnya sepakat dengan hasil pembahasan kawan-kawan di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu terkait APBD Perubahan tahun ini. Karena, bagaimanapun juga pandangan kawan-kawan Banggar dalam pengelolaan keuangan daerah, tentunya harus berproses dan program yang dicanangkan tujuannya baik.”

Hanya saja, lanjutnya, pihaknya tetap mengingatkan, terutama pada eksekutif untuk tetap fokus dalam menjalankan program prioritas daerah. “Misal program prioritas itu untuk penanganan dampak pandemi Covid-19, baik pada sektor kesehatan ataupun upaya pemulihan ekonomi. Maka harus fokus, mulai dari perencanaan hingga realisasinya nanti.”

Menurutnya, pihaknya sengaja mengingatkan pada poin ini, lantaran terkadang eksekutif itu lamban dalam merealisasikan kegiatan. Dimana faktanya bisa dilihat pada capaian serapan anggaran. “Dengan kata lain kita minta ketika program itu termasuk skala prioritas, ya segera direalisasikan dan jangan ada kesan ditunda-tunda.”

Di samping itu, dengan banyaknya pemangkasan seperti pada Dana Alokasi Umum (DAU), tentunya sedikit banyak pasti berdampak terhadap pengelolaan keuangan daerah. “Namun jangan pula karena pemangkasan itu, dijadikan alasan bagi eksekutif terhambatnya program pembangunan daerah.”  (idn)

BERBAGI: