MAN 2 Kota Bengkulu Tingkatkan Kompetensi Guru di Bidang IT

Featured Kota Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu, memberikan pelatihan kepada dewan guru dalam meningkatkan kompetensi di bidang Ilmu Teknologi (IT), yaitu Google for Education. Pelatihan diikuti oleh 53 guru dengan menghadirkan Instruktur Jumati Rahayu, S.Kom yang merupakan tenaga ahli IT.

Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd mengatakan, pelatihan Google for Education merupakan upaya yang dilakukan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, dalam rangka pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan madrasah.

Di samping itu, kegiatan ini juga menindaklanjuti amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Empat kompetensi minimal yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

“Maka dari itu, upaya yang dicapai tujuan pendidikan, guru dituntut memiliki berbagai skill. Karena pengembangan skill guru merupakan sebuah kewajiban demi menciptakan guru-guru yang inovatif, kreatif, berkompeten, dan tanggap dalam dalam mengatasi segala persoalan pendidikan,” kata Karmila kepada radarbengkuluonline.com, Senin (2/8).

Menurutnya, dalam menghadapi era seperti sekarang ini, dunia pendidikan sangat membutuhkan orang-orang yang profesional dan cakap terhadap tantangan teknologi. Terutama dewan guru, yang saat ini Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) melalui daring.

Sementara itu, Jumati Rahayu sebagai pemateri menjelaskan, tujuan utama mengikuti pelatihan ini agar bisa mengetahui mekanisme yang dijalankan, dan dapat bergabung di kelas DUGI dengan melakukan rangkaian tugas dengan mengaktifkan akun di dugi-academi.id. “Nantinya, setiap peserta akan diminta mengikuti hingga selesai. Dimulai dari tahap 1, yaitu membuat akun DUGI. Peserta akan melaksanakan tugas – tugas, dan akan disaring ke tahap 2 atau advance hanya menjadi 30.000 peserta dan tahap ke 3 atau expert menjadi 15.000 peserta.” (ach)

BERBAGI: