PKK Mukomuko Akan Tekan Angka Pernikahan Dini

Featured Mukomuko

Pergaulan Bebas Picu Anak Nikah Cepat

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mukomuko, Hj. Tengku Nurliyana Habsjah, SE., M.Pd menyebutkan, salah satu faktor yang memicu terjadinya pernikahan dini yaitu pergaulan bebas.

Selain itu, kata Liya Sapuan, kurangnya perhatian keluarga dan lingkungan turut menjadi penyebab anak menikah cepat sebelum usia matang. “Akibat dari faktor-faktor itu, terjadilah pernikahan yang tidak dapat ditunda. Mohon maaf, misalnya terjadi kehamilan di luar nikah. Sehingga pernikahan anak tidak dapat dihindari,” ungkapnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dikatakannya, salah satu tanggungjawab PKK yaitu menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Mukomuko. Untuk itu, TP-PKK akan menggerakkan dan memberdayakan seluruh kekuatan guna melakukan pembinaan dan sosialisasi agar pernikahan dini dapat dicegah.

Menurutnya, rentetan negatif dari pernikahan dini ini dapat menyebabkan tingkat kesejahteraan keluarga kurang serta tidak ada keharmonisan dalam keluarga. Itu karena mental pasangan suami istri belum matang dipengaruhi usia dan tingkat pendidikan. Gara-gara hal tersebut, tidak menutup kemungkinan pernikahan berujung pada perpisahan.

Beberapa hari yang lalu, kata Ketua PKK, dalam rangka Hari Anak Nasional, pihaknya mengikuti rapat bersama nasional melalui virtual. PKK pusat menginstruksikan, agar PKK menjadi garda depan bersama OPD terkait melakukan cegah pernikahan anak (Cepak).

“Jadi, kita bersama OPD terkait akan melakukan sosialisasi dan pembinaan, baik kepada keluarga maupun anak agar terwujudnya Keluarga Indonesia Sejahtera dan Harmonis (Kisah). Jajaran PKK Mukomuko siap melakukan pencegahan pernikahan anak atau pernikahan dini.” (sam)

BERBAGI: