Bupati Mukomuko Minta Percepat Pengajuan DD Tahap II

Featured Mukomuko

RBO >>>  IPUH >>>  Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA minta Pemerintah Desa (Pemdes) mempercepat menyampaikan pengajuan pencairan Dana Desa (DD) tahap II Tahun Anggaran (TA) 2021. Sebab, dalam penggunaan DD tersebut ada program nasional yang harus disukseskan masing-masing desa. Diantaranya yaitu, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), pemulihan ekonomi masyarakat desa, pemerataan pembangunan infrastruktur dan kegiatan lain yang bersumber dari DD.

Menurutnya, kecamatan yang bertindak langsung memberikan pembinaan dan pengawasan harus bisa mendorong masing-masing desa untuk mempercepat menyampaikan pengajuan pencairan tahap II. Selain itu, kecamatan juga diminta mendorong desa untuk mempercepat merealisasikan DD yang sudah masuk ke rekening desa. “Kecamatan harus berperan aktif memberikan dorongan. Sehingga pemerintah desa bisa mempercepat pengajuan dan merealisasikan penggunaan DD,” kata Sapuan saat berkunjung ke Kecamatan Malin Deman kemarin.

Ditambahkan Sapuan, setelah anggaran tahap II yang masuk ke rekening desa, Pemerintah desa harus dengan segera merealisasikannya. Jangan sampai anggaran tersebut terpendam lama. Terutama untuk penyaluran BLT-DD. Sebab penerima BLT-DD itu adalah masyarakat yang dinilai membutuhkan.

“Selain dari penyaluran BLT-DD, Pemerintah desa juga diminta mempercepat merealisasikan kegiatan pembangunan fisik. Sehingga serapan anggaran betul-betul sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan dalam APBDes.”(ide)

BERBAGI: