Pemdes Talang Baru Terus Membangun

Featured Mukomuko

RBO >>>  MALIN DEMAN >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Baru, Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko terus berupaya meningkatkan pembangunan di wilayah desanya. Dimana Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2021 ini selain memprioritaskan untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), juga digunakan untuk kegiatan pembangunan fisik. DD tahap I digunakan untuk pembangunan drainase dengan ukuran lebih kurang 120 meter, pembangunan 1 unit platdeaker dan pembangunan 1 unit gedung Posyandu yang penyelesaiannya berlanjut dalam penggunaan DD tahap II.

Kepala Desa (Kades) Talang Baru, Dahri Iskandar kepada radarbengkuluonline.com menerangkan, penggunaan DD tahun ini tidak hanya diprioritaskan untuk kegiatan pembangunan fisik. Tetapi juga digunakan untuk penyalura BLT-DD. Yang bersumber dari DD tahap I BLT-DD sudah tersalur 5 bulan. Yaitu Januari hingga Mei. “Setelah dialokasikan untuk BLTD-DD, barulah digunakan untuk kegiatan fisik. Tahap I ada 3 item kegiatan fisik yang kita realisasikan,” terangnya.

Sambungnya, kemudian untuk DD tahap II pihaknya terus melanjutkan kegiatan fisik. Yaitu, peningkatan (rabat beton) Jalan Usaha Tani (JUT) dengan ukuran panjang lebih kurang 300 meter. Pembangunan sanitasi air bersih pembelian pipa dan pembayaran jasa tenaga kerja. Dan melanjutkan pembangunan gedung Posyandu. Di samping itu penyaluran BLT-DD dengan besaran Rp 300.000 tetap dilanjutkan. “Ya, DD tahap II kita tetap melanjutkan kegiatan pembangunan fisik sesuai dengan yang tertuang dalam APBDes.”

Ditambahkannya, kegiatan pembangunan fisik yang direalisasikan tahun ini pihaknya berharap Tim Pengelola Kegiatan (TPK) bekerja dengan maksimal. Sehingga semua hasil pembangunan sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan dalam APBDes. “Kita harap semu kegiatan fisik tahun ini bisa selesai tepat waktu. Dan hasil bangunan bisa dinikmati masyarakat dalam jangka waktu lama.” (ide)

BERBAGI: