Terus Disalurkan, Target Bulog Dua Minggu Beras PPKM Tuntas

Featured Kota Bengkulu

RBO >>> BENGKULU >>>  Bantuan beras program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditengah pendemi covid-19 telah mulai disalurkan di Provinsi Bengkulu. Kepala Bidang Komersil Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Bengkulu, Ade Saputra mengatakan, penyaluran 1.226.380 kilogram beras untuk 122.638 keluarga penerima manfaat (KPM) itu ditarget dalam waktu 2 minggu telah selesai didistribusikan. “Sesuai perintah Presiden, dalam waktu 1 sampai 2 minggu kedepan harus selesai disalurkan. Kita tergetkan selesai,” terang Ade kepada radarbengkuluonline.com Rabu  (21/7) pagi.

Diterangkannya, sejak batuan beras 10 kg masing-masing KPM itu diluncurkan oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, Kepala Bulog Divre Bengkulu Roy Rahmadi Prawira, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto serta Forkopimda beberapa hari lalu, Bulog melalui pihak ketiga PT DNR terus menyalurkan beras. Saat ini beras tersebut, masih difokuskan untuk disalurkan di wilayah Kota Bengkulu. “Sekarang masih kita salurkan di wilayah Kota Bengkulu. Seperti di Kecamatan Gading Cempaka, dan beberapa kecematan lain di Kota Bengkulu.”

Progres penyaluran untuk wilayah Kota Bengkulu sendiri, lanjutnya, sejauh ini baru tercapai 5 persen. Dalam beberapa hari kedepan, ditargetkan akan rampung semua wilayah Kota Bengkulu. “Progres sekarang baru 5 persen di wilayah Kota. Ya, mudah-mudahan jika tidak ada kendala, dalam beberapa hari kedepan sudah  selesai disalurkan.”

Sementara itu untuk bantuan beras ke 9 kabupaten, menurut Ade, sejauh ini masih dipersiapkan penyalurannya. Sebab, dari Bulog sendiri bertugas menyiapkan semua beras dengan kemasan 10 kg kualitas medium. “Kalau dari beras sudah siap semua. Selanjutnya penyaluran akan terus berjalan sesuai jadwal yang ditentukan oleh pihak transporter.”

Ade menjelaskan, penerima manfaat program bantuan beras PPKM ini terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan sebanyak 77,747 KPM dan penerima program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 44,891 KPM.

Rinciannya, berdasarkan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu yakni di Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 25,203 KPM, Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 11,569 KPM dan Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 8,019 KPM. Lalu, Kota Bengkulu sebanyak 13,681 KPM, Kabupaten Seluma sebanyak 13,455 KPM, Kabupaten Kaur sebanyak 10,279 KPM dan Kabupaten Mukomuko sebanyak 10,981 KPM. “Untuk beras, semua sudah siap di semua gudang Bulog yang ada di Provinsi Bengkulu.”  (idn)

BERBAGI: