Kawal Pembangunan Desa Dengan Aplikasi E-Jaga Ratu Samban

Bengkulu Utara Featured

RBO >>>  ARGA MAKMUR >>>  Setelah dilaunching pada tahun 2020 lalu, Pememerintah Kabupaten Bengkulu Utara yang telah bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara terus melakukan sosialisasi secara mobile kepada para kepala desa untuk menggunakan aplikasi E – Jaga Ratu Samban.

E – Jaga Ratu Samban ini sendiri memiliki arti Jaksa Garda Program dan Tugas Perangkat Desa untuk maju dan berkembang. Aplikasi ini hampir sama dan pengembangan dari aplikasi e- Jaga Desa milik Kejaksaan Agung.
Selain difungsikan untuk pengawasan dalam pengunaan dana ADD dan Dana Desa, aplikasi yang dapat didownload di play store android ini juga dapat memantau langsung serapan anggaran di masing – masing desa dan dapat di akses oleh masyarakat umum. Mulai dari pengaduan desa bermasalah, hingga melihat ringkasan kegiatan desa secara online.

Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara, Elwin Agustian Khahar, SH. MH kepada radarbengkuluonline.com mengatakan, ia sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Bengkulu Utara yang telah bekerjasama dengan pihaknya. Dirinya juga menjelaskan, Aplikasi E – Jaga Ratu Samban tersebut sengaja diambil dari gelar nama pahlawan Rakyat Bengkulu Utara. yakni Ratu Samban dalam melawan penjajahan Belanda tahun 1874 silam. Sehingga sebagai wujud semangat kejaksaan dalam menjaga desa dari tangan penjajah era modern saat ini yakni para koruptor.” Kita jangan lupakan sejarah. Kalau dulu pahlawan melawan penjajah, masyarakat saat ini juga harus menjadi pahlawan memerangi korupsi khususnya di tingkat desa. E – Jaga Ratu Samban milik kita bersama dan semua data yang diperlukan bisa diakses di E – Jaga Ratu Samban, ” tutur Elwin Agustian Khahar.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkulu Utara, Ir. Budi Sampurno mengingatkan para kepala desa untuk terus mengupdate kinerja di aplikasi E – Jaga Ratu Samban. Karena Transparansi dalam aplikasi tersebut sangat berguna untuk memastikan pengunaan ADD dan Dana Desa di masing desa –desa dapat tepat sasaran dan berharap aplikasi ini dapat menjadi pemacu semangat masyarat dan para kepala desa untuk membangun Bengkulu Utara dengan bersih, jujur dan pembangunan yang pro dengan rakyat.

“ Inilah Bengkulu Utara, kalau sudah dilaunching pasti akan kita fokuskan dan jalankan terus programnya. Sekarang masyarakat bisa akses seluruh data desa di E-Jaga Ratu Samban. Transparasi itu penting dalam membangun suatu daerah . Imbaun saya, kita harus manfaatkan dengan baik aplikasi tersebut,“ ujar Budi Sampurno. (bri)

BERBAGI: