Lapas Perempuan Bengkulu Gelar Razia

Featured Hukum & Kriminal

RBO >>> BENGKULU >>>  Salah satu kunci untuk mewujudkan pemasyarakatan yang maju pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Bengkulu adalah dengan melakukan upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban melalui razia blok hunian secara rutin dan berkala. Kegiatan ini berlangsung  Sabtu malam (17/7) kemarin, dan dipimpin langsung oleh kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Bengkulu, Yekti Apriyanti dan didampingi oleh Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban sekaligus Plh. KPLP Devi Damayanti, Kasubsi Pelaporan dan Tata Tertib (Desriani) serta personel penggeledahan, yaitu Regu Jaga 1 (satu) sebanyak 5 (lima) orang. Pemeriksaan dan penggeledahan blok hunian Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu ini diawali dengan briefing yang dipimpin Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Bengkulu agar kegiatan dapat berjalan secara optimal.

Penggeledahan dimulai dengan mengeluarkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari kamar secara bergiliran dan langsung dilakukan penggeledahan badan untuk memeriksa barang-barang yang ada dan menempel di badan WBP. Kemudian baru dilakukan penggeledahan di dalam kamar WBP secara menyeluruh.

Pada razia blok hunian ini ditemukan barang yang dianggap akan menjadi pemicu gangguan keamanan dan keteriban seperti adanya sendok stainless, gunting kuku, alat rajut, jarum, gelas, kaca, jepit besi dan besi gorden. Dari hasil penggeladahan yang dilakukan tidak ditemukan barang terlarang seperti narkoba dan handphone. Selanjutnya barang temuan tersebut ditindaklanjuti dan diserahkan kepada Seksi Keamanan dan Ketertiban.

“Hasilnya tidak ditemukan narkoba dan handphone. Hanya ditemukan barang-barang berupa sendok, jarum gelas dan lain-lain,” ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Bengkulu.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu mengharapkan bahwa kegiatan ini selalu dilaksanakan rutin guna pecegahan dini gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. “Dengan rutin melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan serta selalu menjaga kekompakan dan membiasakan yang benar dalam bekerja, Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu bisa mewujudkan pemasyarakatan yang maju,” sampainya kepada radarbengkuluonline.com Minggu (18/7). (Bro)

BERBAGI: