Aman, Razia Peredaran Handphone dan Barang Terlarang di Rutan Bengkulu

Featured Hukum & Kriminal

RBO >>> BENGKULU >>>  Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan Kelas IIB Bengkulu, Karutan, Tutut Prasetyo didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Pebbri Yantoni beserta jajaran Pejabat Struktural dan Petugas Pengamanan kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan Minggu, (18/07) dini hari.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan. Ini sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Reynhard Silitonga dalam arahannya tegaskan 3 hal utama yang menjadi kunci Pemasyarakatan maju, yaitu Deteksi Dini gangguan Keamanan dan ketertiban, berantas peredaran Narkotika, dan Sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait, satu kata, satu tujuan, untuk Pemasyarakatan Maju,” ujarnya.

Kegiatan ini diawali dengan pengarahan oleh Kepala Rutan dan dilanjutkan penyampaian teknis pelaksanaan Inspeksi Mendadak (Sidak) tentang mekanisme penggeledahan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan kepada jajaran Petugas yang melaksanakannya.

Selanjutnya Karutan beserta jajaran memasuki setiap kamar hunian WBP dan memeriksa seluruh barang-barang yang ada di dalam kamar hunian WBP. “Dalam razia ini petugas berhasil mengamankan barang-barang yang dilarang di dalam Rutan. Seperti benda berbahan logam dan kaca gunting, sendok, kabel, piring kaca.
Selain itu juga  melakukan penggeledahan kamar hunian,” tambahnya.

Karutan juga memberikan arahan kepada WBP untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Virus Covid-19 di dalam Rutan dan turut menjaga ketertiban, kemanan dan kondusifitas Rutan Bengkulu.

Sementara itu, Pebbri menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Rutan kelas IIB Bengkulu dalam pencegahan peredaran narkoba serta deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. (Bro)

BERBAGI: