Tingkatkan Kualitas Atlet Catur Bengkulu, Percasi Rutin Gelar Turnamen

Featured Olahraga

RBO >>> BENGKULU >>>  Dalam rangka menjaring potensi para atlet catur berbakat, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Bengkulu secara rutin akan menggelar turnament di tingkat kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Bengkulu. Sebelumnya, Percasi menggelar turnament dengan memperebutkan piala bergilir Ketua Umum Percasi Provinsi Bengkulu, Susi Marleny Bachsin SE,MM di Kota Bengkulu, kali ini dilaksanakan di Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) selama dua hari, terhitung dari tanggal 2 sampai 3 Juli 2021.

Dari turnament catur yang pertama kali diselenggarakan di tingkat kabupaten, tepatnya bertempat di aula kantor Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan ini, mendapatkan apresiasi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Ini dibuktikan dengan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati, Rifai Tajuddin, serta perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu dan Bengkulu Selatan.

Begitu juga dengan animo peserta yang mengikuti, sempat mendaftar lebih 100 peserta, namun karena keterbatasan ruangan sekaligus upaya mencegah penyebaran Covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), diikuti kurang lebih 60 pecatur pemula hingga senior.

“Penyelenggaraan turnament catur ini memang keinginan saya selaku Ketua Umum (Ketum) Percasi Provinsi Bengkulu, yang semata-mata untuk menunjukan eksistensi, sekaligus menjaring potensi atlet catur berbakat di setiap kabupaten dan kota. Alhamdulillah, animo peserta yang ingin menunjukan kebolehannya dalam bermain catur sangat banyak. Seperti, ada Adly, Finda dan lain-lainnya,” ujar Ketum Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Bengkulu, Susi Marleny Bachsin pada radarbengkuluonline.com, Sabtu, (3/7).

Selain itu menurut Susi, sesuai dengan masukan yang diterima, pihaknya tidak saja akan menggelar turnament untuk mengasah kemampuan dari para atlet yang ada, tetapi juga berasal dari masyarakat umum. Ini mengingat tujuan turnament yang diselenggarakan secara rutin ini, untuk mencari bibit unggul pecatur Bengkulu.

Apalagi, lanjut Susi, jika memiliki atlet pecatur unggul dan mampu berprestasi di tingkat nasional, tentu juga akan membawa nama baik Bengkulu di tingkat nasional. Bahkan ke tingkat internasional nantinya.

“Saya berharap kepada KONI Pusat, Provinsi dan juga Kabupaten dapat memberikan perhatian terhadap cabang olahraga (cabor) catur, sehingga kedepannya para atlet catur lebih termotivasi lagi dalam menunjukan prestasinya. Sayang kan, kita ada bibit-bibit atlet, tapi dilepas begitu saja,” pungkas Susi yang saat ini juga menjabat sebagai Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu.(idn)

BERBAGI: