Ayam Berugo Berpotensi Angkat Nama Bengkulu

Featured Pariwisata Politik

RBO >>>  BENGKULU >>>  Salah satu jenis unggas yang berpotensi bisa mengangkat nama Bengkulu yaitu Ayam Berugo (Ayam Hutan – Red). Untuk itu, senator Bengkulu anggota DPD RI, H. Ahmad Kanedi SH, MH menggelar kontes Ayam Berugo Raflesia.

“Tema kegiatan kita hari ini, Ayam Berugo membangkitkan ekonomi kreatif Provinsi Bengkulu. Sebab itu, kedepan kita akan atur konektivitasnya. Mulai dari penangkaran, kemudian event-event kegiatannya. Seperti hari ini Kontes Ayam Berugo Raflesia. Sampai nanti akhirnya Ayam Berugo Bengkulu bisa menjadi salah satu komoditi pembangkit ekonomi kreatif,” ungkap Ahmad Kanedi yang akrab disapa Bang Ken, pagi Minggu (28/2).

Dengan adanya kontes Ayam Berugo ini, menurut Bang Ken, diharapkan menjadi momentum awal tonggak menghidupkan kembali sejak adanya wabah pandemic Covid-19 yang selama ini menghambat setiap aktivitas masyarakat. “Untuk itu, kita harapkan kegiatan event seperti kontes hari ini bisa terus secara rutin dilaksanakan, namun tetap dengan memberlakukan Prokes Covid-19 dalam setiap kegiatan,” harapnya.

Ayam Berugo ini, lanjutnya,  sudah cukup dikenal. Salah satunya lantaran masuk dalam logo Wonderful Bengkulu 2020. Sehingga sudah sangat layak, jika ayam Berugo ini sebagai salah satu ikon daerah. “Tinggal lagi bagai mana peran Pemerintah Daerah, agar ayam Berugo ini benar-benar menjadi ikon daerah.”

Menurutnya, ketika ayam Berugo menjadi ikon daerah, maka kedepannya bisa dikenal secara luas. Dengan begitu, diyakini dapat menumbuhkan ekonomi kreatif baru berupa menjual ayam Brugo ini. “Saat pasar menjanjikan, pasti nantinya banyak masyarakat yang mulai membudidayakan ayam Berugo ini.”

Sebenarnya, lanjutnya, terkait kondisi pasar, bisa dimulai dari saat ini. Dimana masing-masing masyarakat, berkeinginan memiliki ayam Brugo. “Kita inikan rata-rata orang dusun semua, yang setiap paginya biasa mendengar kokok ayam. Ayam Berugo ini memiliki suara kokok yang unik dan menarik. Ditambah bentuk fisiknya yang juga bagus.”

Ia menambahkan, karena saat ini sudah ada komunitas ayam Brugo, Ia berharap nantinya Taman Remaja yang menjadi lokasi kontes hari ini (kemarin, red) dapat menjadi pojok komunitas tersebut. “Nanti kita bakal mendorong Pemda dapat mewujudkan itu. Agar Taman Remaja ini dapat lebih terawat dan tertata kembali.”

Sementara itu, Ketua Panitia KABR, Sarimuda Wasta SH menyampaikan, kontes memperebutkan piala bergilir Bang Ken ini ditargetkan dapat menjadi agenda rutin kedepannya. “Terlebih animo masyarakat sudah cukup tinggi terhadap ayam Berugo. Seperti hari ini saja, sudah tercatat 75 peserta yang ikut kontes dan diyakini jumlah tersebut bakal bertambah,” kata Sarimuda. (idn)

BERBAGI: